Seminar Nasional Ekonomi Syariah 2016

Rabu (16/11/ 2016), Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi (FAI UNSIL)

Menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional Ekonomi Syariah.

Kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat umum dan civitas akademika Universitas Siliwangi mengenai ekonomi syariah, peluang dan tantangan dalam menghadapi era globalisasi serta implikasinya terhadap perekonomian masyarakat di Indonesia dan Umat Islam.

Kegiatan yang bertema “Peluang dan Tantangan Ekonomi Syariah dalam Menghadapi Masa Depan Indonesia di Era Globalisasi” dilaksanakan selama satu hari pada 16 November 2016 dan diikuti oleh 500 perserta umum dan 30 tamu undangan.

Ketua pelaksana kegiatan ini Biki Zulfikri Rahmat, S.Sos.I., M.E.Sy mengatakan bahwa tema ini dipilih “karena ekonomi syariah berpotensi menggantikan posisi ekonomi konvesional, namun dalam penerapanya banyak kendala dan tantangan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia untuk menuju kemajuan ekonomi syariah. Salah satunya adalah sistem kapitalis terlanjur mendominasi sistem perekonomian di dunia bahkan banyak negara yang notabene berpenduduk Islam cenderung menggunakan sistem kapitalis walapun dalam penerapanya terdapat modifikasi.” Ujarnya.

Topik-topik tersebut dibahas dengan menghadirkan praktisi akademisi dan pengamat ekonomi syariah, antara lain Bambang Himawan (Kepala Divisi Pengembangan dan Pengaturan Pasar Keuangan Syariah Departemen Ekonomi Syariah dan Keuangan Syariah Bank Indonesia Pusat), Dr. Yadi Januari, MA. (Dewan Pakar Masyarakat Ekonomi Syariah Jawa Barat), Hj. Lina Marlina, S.Ag., M.Ag. (Ketua Prodi Ekonomi Syariah FAI UNSIL) juga hadir Dr. Ichsanudin Noorsy, BSC., SH., M.Si. (Pengamat Ekonomi dan Politik Indoneia).

(Humas Unsil).