Website

Penjelasan lebih lanjut disini.

Kontak

Help Desk FIK disini

Sejarah

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Siliwangi Tasikmalaya semula bernama Fakultas Kesehatan Masyarakat berdasarkan SK Yayasan Universitas Siliwangi Nomor : 08/YUS/10/1999 dengan membina satu program studi yaitu program studi Kesehatan Masyarakat berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 478/DIKTI/Kep/1999 tanggal 5 Desember 1999. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Siliwangi menjadi anggota yang ke-7 dari Asosiasi Perguruan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI) sejak tahun 2003.

Seiring dengan perkembangan keilmuan dan kebutuhan pengguna di bidang kesehatan, dilakukan perubahan nama fakultas dari fakultas kesehatan masyarakat menjadi fakultas ilmu kesehatan. Dan berdasarkan SK Yayasan Universitas Siliwangi no 35/YUS/11/2011 nama Fakultas Kesehatan Masyarakat berubah menjadi Fakultas Ilmu Kesehatan.

Pada tanggal tanggal 2 April 2014 terjadi perubahan status Universitas Siliwangi dari PTS (Perguruan Tinggi Swasta) menjadi PTN (Perguruan Tinggi negeri. Setelah menjadi negeri, Fakultas Ilmu Kesehatan kemudian mengusulkan pendirian Program Studi Gizi. Program studi S1 Gizi dibuka berdasarkan SK Kemenristek Dikti No.515/KPT/I/2017 tanggal 19 September 2017.

Visi

“Menjadi Program Studi Kesehatan Masyarakat yang tangguh dalam  menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan lulusan unggul yang berwawasan kebangsaan dan berjiwa wirausaha di tingkat Nasional”.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang ilmu kesehatan untuk menghasilkan lulusan yang berwawasan kebangsaan dan berjiwa wirausaha.
  2. Melaksanakan penelitian di bidang ilmu kesehatan untuk menghasilkan IPTEKS yang bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat di bidang kesehatan sebagai wahana untuk mengimplementasikan IPTEKS dari hasil proses pendidikan dan penelitian bagi kesejahteraan masyarakat
  4. Melaksanakan kerjasama di bidang ilmu kesehatan yang produktif, bermanfaat dan berkelanjutan dengan lembaga di tingkat lokal, nasional dan internasional

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan dari masa ke masa