Website

Penjelasan lebih lanjut disini.

Kontak

Help Desk FT disini

Sejarah Fakultas Teknik

Fakultas Teknik Universitas Siliwangi didirikan dalam upaya memenuhi hasrat dan keinginan masyarakat Priangan Timur, khususnya Kabupaten Tasikmalaya terhadap adanya pendidikan tinggi bidang teknologi.Universitas Siliwangi melalui FKIP Universitas Siliwangi pada tahun akademik 1983/1984 membuka Program Studi Pendidikan Teknik Sipil. Pembukaan program studi ini merupakan cikal bakal lahirnya Fakultas Teknik Universitas Siliwangi.

Fakultas Teknik Universitas Siliwangi diresmikan dengan Surat Keputusan Ketua Badan Pengurus Yayasan Universitas Siliwangi Nomor Skep.128/YUS/12/1984 tanggal 31 Desember 1984 untuk program pendidikan sarjana (S-1) dalam jurusan: 1) Teknik Sipil dan 2) Teknik Elektro. Selanjutnya, pada tahun 1987, Fakultas Teknik Universitas Siliwangi mendapat status terdaftar dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor :

  1. 0269/0/1987, tanggal 6 Mei 1987, tentang Pemberian Status Terdaftar kepada jurusan/ program studi Teknik Sipil pada Fakultas Teknik di lingkungan Universitas Siliwangi di Tasikmalaya.
  2. 0434/0/1987, tanggal 23 Juli 1987, tentang Pemberian Status Terdaftar kepada jurusan/ program studi Teknik Elektro pada Fakultas Teknik di lingkungan Universitas Siliwangi di Tasikmalaya.

Pada tahun 2000, kedua jurusan yang dikaji di Fakultas Teknik ini telah mendapatkan status Terakreditasi. Pada perkembangan selanjutnya, pada tahun 2003 telah berdiri Program Studi Informatika Fakultas Teknik Universitas Siliwangi dengan surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 3885/D/T2003 tanggal 5 Desember 2003.

Minat masyarakat akan pendidikan dari tahun ke tahun terus meningkat, sehingga daya tampung dan kemampuan penyelenggaraan pendidikan pun harus lebih ditingkatkan. Keadaan ini tidak saja disadari secara khusus oleh Fakultas TeknikUniversitas Siliwangi, tetapi secara umum juga disadari oleh pemerintah.

Visi

“Menjadi Fakultas Teknik yang tangguh untuk membentuk lulusan unggul yang berwawasan kebangsaan dan berjiwa wirausaha di tingkat nasional tahun 2022”.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang teknik untuk menghasilkan lulusan yang berwawasan kebangsaan dan berjiwa wirausaha.
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang teknik yang menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kepentingan bangsa.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui implementasi hasil penelitian.
  4. Memperluas jejaring kerja sama yang produktif, bermanfaat dan berkelanjutan dengan berbagai pihak di tingkat lokal, nasional dan internasional.

Tujuan

  1. Membantu percepatan pencapaian tujuan pendidikan nasional serta berupaya memadukan dan menyelaraskan keimanan dan keilmuan masyarakat Jawa Barat dalam menghadapi pembangunan;
  2. Menyediakan sarana pendidikan yang lebih baik, bermutu dan terjangkau masyarakat dalam upaya memperoleh ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya;
  3. Memberikan kesempatan yang luas bagi lulusan SLTA untuk menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi dengan cara mendekatkan institusinya ke Daerah;
  4. Menyiapkan sumber daya manusia (human capital yang berkualitas (beriman dan bertakwa);
  5. Meningkatkan citra pemerintah daerah dalam tataran nasional dan internasional;
  6. Mendorong pemerataan pembangunan di daerah sekaligus mengurangi intensitas urbanisasi ke kota-kota besar di Jawa Barat;
  7. Mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi Kota Tasikmalaya dan sekitarnya, melalui investasi di sektor pendidikan di daerah.

Dekan dari masa ke masa

Upload Image...
Upload Image...
Upload Image...
Upload Image...