Mahasiswa UNSIL Menjadi Relawan Medis di Posko Penjagaan Kota Tasikmalaya

Rektor Universitas Siliwangi (Unsil) didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kepala BAKPK bersama Ketua Pusat Komunikasi, Informasi dan Edukasi (PKIE) Unsil siang tadi (Senin/6 April 2020) melakukan kunjungan ke 8 posko penjagaan Kota Tasikmalaya tempat para mahasiswa Unsil bertugas sebagai tenaga relawan medis di pos penjagaan tersebut.

Mahasiswa relawan diberi tugas dan fungsi melakukan skrining pada para pendatang dengan cara mengukur suhu tubuh dan mencatat dokumen serta alamat yg dituju. Selanjutnya memberikan edukasi tentang bahaya penyebaran covid-19 terutama melalui jalur mudik dan memberikan saran serta cara isolasi mandiri. Jika ada pendatang dengan suhu di atas 38 derajat Celcius maka orang tersebut akan diserahkan ke petugas dr Dinas Kesehatan untuk ditindaklanjuti sesuai Protokol Kewaspadaan Covid-19.

Dalam kesempatan itu Rektor menyaksikan langsung kinerja para relawan yang sangat membantu para petugas di setiap pos jaga dalam melakukan skrining dan pemeriksaan terhadap para pendatang yang hendak memasuki kota Tasikmalaya.

Rektor juga memberikan dorongan kepada para relawan untuk bersungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas dengan tetap menjaga keselamatan dan keamanan diri sendiri. Untuk menjaga keselamatan dan kesehatan para relawan, maka dalam kesempatan tersebut Rektor Unsil menyerahkan bingkisan berupa APD dan suplemen vitamin kepada setiap mahasiswa yang menjadi relawan Covid-19.

Sementara di Posko Indihiang Wakil Walikota Tasikmalaya menyambut kunjungan dari Universitas Siliwangi, pada kesempatan tersebut dimanfaatkan untuk diskusi, membahas tentang pencegahan penyebaran Covid-19, dan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan APD dan suplemen bagi relawan medis oleh Ketua PKIE kepada Wakil Walikota.

X