Jurusan Teknik Elektro Universitas Siliwangi Meraih Juara 3 Dalam KompetisiIoT Makers Creation 2020

Mahasiswa Universitas Siliwangi kembali meraih prestasi, kali ini tim dari Tasik Inovasi mahasiswa dari jurusan teknik elektro yang beranggotakan Tedy Apriadi, Mohammad Excel Andi Nahrul Hayat, dan Susi Sulistiawanti, dan delapan orang lainnya  berhasil meraih juara 3 pada kompetisi “IoT Makers Creation 2020”  (30/09/2020) yang di ikuti oleh 57 tim dari seluruh Indonesia.
Kompetisi IoT Makers Creation 2020 ini merupakan kolaborasi Asosiasi IoT Indonesia dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, didukung oleh PT XL Axiata, PT Tower Bersama, dan PT Alita Praya Mitra. Kompetisi ini terdiri dari beberapa tahap yaitu, tahap pertama seleksi full paper dan video dan tahap kedua presentasi. Pada seleksi full paper dan video terpilih menjadi 10 tim untuk lanjut ke tahap kedua, kemudia diambil juara 1, 2, dan 3 dari hasil presentasi.
Dalam kompetisi tersebut tim Tasik Inovasi mahasiswa dari jurusan teknik elektro membuat suatu alat yaitu “Smart Ventilator berbasis Internet of things”. Smart Ventilator merupakan ventilator khusus yang dirancang untuk menangani pasien Covid 19. Pada alat smart ventilator memiliki fitur monitoring dan kontrol, yaitu monitoring detak jantung dan kadar oksigen dalam darah pasien, monitoring aliran oksigen, dan monitoring pressure.  Dan  terdapat fitur control ambubag yang bisa di seting untuk mode dewasa dan anak-anak, ataupun disesuaikan dengan kondisi pasien. Smart ventilator juga dapat digunakan secara online dan offline, secara online dapat di tampilkan pada komputer dan aplikasi pada smartphone sedangkan secara offline dapat ditampilkan dilayar LCD nextion.
Penulis: Fadil (Mahasiswa Teknik Elektro)

X