Universitas Siliwangi Meraih Juara II Lomba Fotografi pada Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XV 2020

Foto Karya M. Rifki Rahmat Alkahar

Tasikmalaya (29/11/2020), Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Siliwangi Muhammad Rifki Rahmat Alkahar meraih prestasi yang membanggakan pada pagelaran Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) XV 2020 meraih Juara 2 Foto Kreatif pada bidang Fotografi yang diselenggarakan secara Daring oleh Pusat Prestasi Nasional (PUSPRESNAS) Indonesia. Tema yang digunakan berkaitan dengan Pandemi yang berjudul “Normal yang Bukan Normal”. Karya ini sarat makna dan memiliki nilai filosofis yang relate dengan kondisi sekarang karena memberikan pesan berkenaan kehidupan baru dimasa New Normal atau Adaptasi Kehidupan Baru.

Pekan Seni Mahasiswa Nasional  XV kali ini memang berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya karena diselenggarakan dalam kondisi Pandemi COVID-19, tetapi hal tersebut tidak mengurangi kualitas, esesni serta gengsi dari perlombaan level puncak pada bidang seni tersebut. Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) tahun ini diselenggarakan berbeda secara daring karena masih dalam keadaan pandemi corona. Ada 15 kategori tangkai lomba   yang diperebutkan oleh seluruh mahasiswa yang ada di Indonesia. Dalam perlombaan fotografi ada sekitar 300 Perguruan Tinggi  dari seluruh Indonesia yang bersaing untuk memperebutkan juara.

Pada Kompetisi tersebut Ia mengikuti kategori foto kreatif setelah lolos seleksi administrasi sebelumnya. Tahapan pada perlombaan ini memiliki teknis yang begitu cepat dan sistematis, karena jarak waktu dari Technical Meeting sampai pada pengumpulan hasil karya yang hanya 3 hari yaitu Technical Meeting berlangsung pada Sabtu sore (14/11). Pembuatan karya dan hunting pada hari Minggu (15/11) dan pengumpulan karya secara daring melalui operator admin PEKSIMINAS Perguran Tinggi masing masing pada Senin (16/11).

Rifki menceritakan mengenai proses yang Ia lakukan selama pengambilan foto. Sebelum mengambil gambar Ia berkonsultasi terlebih dahulu kepada senior-senior dalam fotografi, kemudian bertukar ide sehingga terciptalah gambar yang sesuai dengan yang diinginkan. Ada beberapa kendala saat pengambilan foto salah satunya alat yang kurang memadai. “Saya berharap kedepannya lembaga lebih memfasilitasi dengan baik mahasiswa yang mengikuti PEKSIMINAS dalam berbagai tangkai lomba” ujar Riki.

Rifki juga menuturkan “meskipun kampus kita bukan kampus seni tetapi itu bukan berarti kita tidak bersaing dengan kampus lain yang berlatar belakang kampus seni yang ada di Indonesia. Saya senang di UNSIL ini banyak UKM-UKM yang mewadahi bidang seni, bahkan saya akan lebih senang apabila lembaga dapat memenuhi kebetuhan setiap UKM dalam segi fasilitas yang dapat mendukung kemajuan UKM tersebut”.

Dengan prestasi yang hari ini sudah diraih khususnya dalam bidang fotografi semoga hal ini dijadikan cerminan untuk perkembangan Organisasi Kemahasiswaan (ORMAWA) khususnya Unit Kegiatan Kemasiswaan (UKM) di lingkungan Universitas Siliwangi sehingga lebih banyak lagi tangkai-tangkai lomba yang dijuarai oleh mahasiswa Universitas Siliwangi. Tentunya hal itu tidak lepas dari peran lembaga yang selalu mendukung dengan penuh serta memberi fasiltas yang memadai sehingga dapat menunjang keberhasilan mahasiswa dalam berprestasi.

Humas UNSIL.

X