Pemberdayaan Tanaman Apotek Hidup

Kampung Saripin, RW 12 merupakan daerah yang berada di Kel. Sukanagara Kec. Purbaratu Kota Tasikmalaya. Letak geografis Wilayah kelurahan sukanagara, secara geografis memiliki posisi yang strategis, terletak dibagian timur laut kota Tasikmalaya. Wilayah kelurahan Sukanagara merupakan daerah penyangga Kota Tasikmalaya yang berbatasan langsung dengan kabupaten Tasikmalaya dan kabupaten Ciamis Kelurahan Sukanagara berdasarkan bentang alamnya berada pada daerah dengan ketinggian berkisar antara 320 M diatas permukaan laut (dpl) dan mempunyai dataran dengan kemiringan relatif datar (sebagian besar). Jumlah penduduk Kelurahan Sukanagara 8.076, untuk jumlah KK nya itu sendiri 2.381 dan Kepadatan Jiwa 3.920 perkilometer persegi. Hal ini menunjukkan kepadatan penduduk yang sangat padat.
Kondisi pada saat Kegiatan KKN Mandiri dilembur masih dihantui pandemic COVID-19 sehingga kegiatan yang dilaksanakan di kelurahan Sukanagara disesuai dengan kondisi saat ini. Pandemic COVID -19 mengharuskan masyarakat menjaga Kesehatan dengan baik. Maka kegiatan yang dilaksanakan salah satunya dengan memanfatkan lahan pekarangan yang sempit dioptimalkan untuk menanam tanaman obat-obatan herbal yang juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan lainnya misalkan bumbu dapur dan lain-lain.
Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan sebagai berikut:

  1. Memberdayakan kesehatan masyarakat melalui tanaman apotek hidup
  2. Mengedukasi masyarakat terkait jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan kesehatan 3. Meningkatkan derajat Kesehatan

Sasaran Kegiatan ditujukan kepada masyarakat di Kelurahan Sukanagara Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya khususnya para anggota Karang Taruna Sukanagara. Adapun rincian kegiatan yang dilaksanakan sebagai berikut :
Pertama kita menganalisis jenis-jenis tanaman apotek hidup melalui web, selanjutnya menyeleksi tanaman apotek hidup yang tersedia di sekitar lingkungan masyarakat. Penyediakan bahan untuk apotek hidup berupa:
Polaybag , Bambu ,Paku, Tanaman, Tanah gembur, Pupuk. Pembuatan layout penempatan tanaman apotek hidup, Pembuatan alas penempatan tanaman apotek hidup analisis terkait manfaat kesehatan yang didapat dari setiap tanaman apotek hidup yang tersedia dan akhirnya Penempatan tanaman apotek hidup pada lahan demplot.
Jenis -jenis tanaman apotek hidup dan beberapa tanaman hias diantaranya: 1. Serai 2. Jahe 3. Jeruk nipis 4. Pala 5. Lengkuas 6. Kemangi 7. Lidah buaya 8. Kumis kucing 9. Seledri 10. Kayu putih
11. Betadin 12. Walang sangit 13. Daun sirih 14. Pegagan 15. Ciplukan 16. Cabe rawit17. Strawberi 18. Bunga miana 19. Bunga kriminil
Kendala dalam pembuatan demplot adalah permukaan lahan yang akan dijadikan tempat apotek hidup tidak merata serta terdapat lubang pada beberapa sudut lahan. Keadaan tanah di lahan tersebut kurang baik dan Tanaman yang terkumpul masih kurang dari target yang direncanakan. Adapun Solusi yang dilakukan sebagai berikut:

  1. Meratakan permukaan lahan yang tidak rata serta berlubang
  2. Penanaman apotek hidup dalam media polaybag, sehingga tanahnya dapat dimodifikasi menjadi tanah gembur dengan ditambahkan pupuk
  3. Membeli tanaman tambahan


Penyiapan media tanam

Media tanam dalam polybag
Bahan tanaman Pembersihan lahan demplot

Lahan Demplot

X