Pelepasliaran Tukik dan Penanaman Pohon

Dewasa ini kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh alih fungsi lahan dengan dalih pembangunan ekonomi marak terjadi dengan tidak memperhatikan kelestarian lingkungan, salah satunya yaitu alih fungsi hutan menjadi lahan sawit yang terus meluas setiap tahunnya.

Dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Siliwangi bekerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kabupaten Tasikmalaya pada Hari Selasa, tanggal 8 Juni 2021 bertempat di Desa Sindangkerta, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya. melaksanakan kegiatan Pelepasan Penyu dan Penanaman Pohon. Tema yang diusung pada kegiatan ini adalah “Konservasi untuk Pemanfaatan Lahan Kritis”.

Pada kegiatan tersebut, Pihak BKSDA Kabupaten Tasikmalaya menyampaikan harapan agar ada keberlanjutan dari pelepasan penyu dan penanaman pohon ini untuk menjaga kesadaran kaum muda perihal menjaga lingkungan, tidak hanya pada saat peringatan hari lingkungan hidup saja, tetapi ada kelanjutan di kehidupan sehari-hari seperti membuang sampah pada tempatnya dan hal-hal kecil lain untuk menjaga lingkungan. Sedangkan dari Ketua BEM UNSIL menyampaikan sambutan bahwa pada dasarnya kegiatan peringatan hari lingkungan sedunia ini sesuai dengan Tridharma Perguruan Tinggi dan Trigatracitra Universitas Siliwangi. Setelah kegiatan seremonial kemudian dilanjutkan dengan pelepasan tukik penyu hijau dan diakhiri dengan penanaman pohon Barringtonia asiatica secara simbolis oleh perwakilan dari BKSDA Kabupaten Tasikmalaya di pantai Sindangkerta Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya.
Penulis: Bobby Tria Novaldi

 

X