Penutupan Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) EXPO XII Tahun 2021 di Universitas Brawijaya Mahasiswa UNSIL Memperoleh Motivasi Baru Dalam Berwirausaha

Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XII 2021 yang diselenggarakan di Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, resmi ditutup pada hari Jum’at (19/11/2021) oleh Rektor Universitas Brawijaya bertempat di Gedung Samantha Krida, Universitas Brawijaya. Acara ini turut dihadiri oleh perwakilan kemahasiswaan masing-masing universitas, para wakil rektor, pendamping dan seluruh peserta KMI Ekspo XII 2021 dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Pada acara penutupan KMI Expo XII 2021 ini turut disampaikan pengumuman serta pemberian piagam penghargaan untuk para peserta yang memenangkan berbagai kompetisi utama dan penunjang dari masing-masing kategori. Piagam Penghargaan diberikan kepada lima pemenang dengan urutan juara 1, juara 2, juara 3, harapan 1, dan harapan 2. Pada KMI Expo XII 2021, Universitas Brawijaya berhasil meraih posisi pertama dengan perolehan mendali terbanyak berjumlah 20 mendali, disusul Universitas Airlangga 7 mendali dan Universitas Gadjah Mada 5 medali.

Hari terakhir pelaksanaan KMI Expo XII 2021 juga menyelenggarakan acara Talkshow 4.0 menghadirkan pebisnis sukses di sektor jasa yakni Aulia Luqman Aziz, M.PD selaku Founder & CEO Lekantara sebagai narasumber talkshow yang membawakan tema “Success and Confidence to Build Your Career in the Service Sector”. Acara ini dilakukan secara blended yakni secara offline di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya dan secara online melalui live Youtube KMI Expo 2021. Pada kesempatan tersebut, narasumber berpesan kepada para peserta yang sebagian besar mahasiswa bahwa dalam menjadi wirausahawan kita utamanya harus bersyukur. Selain itu narasumber juga memberikan tips dalam mengembangkan bisnis pertama bahwa yang harus dilakukan adalah menentukan minat dan bakat, selanjutnya mengetahui apa yang disarankan oleh orang lain atau mengetahui kebutuhan masyarakat dan terakhir yaitu melihat peluang yang ada dan memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.

Pada kegiatan KMI Expo XII Tahun 2021 ini, Universitas Siliwangi juga ikut berpartisipasi dengan menghadirkan mahasiswa yang memproduksi produk kreasi berupa keripik pisang dengan merek PisangSandra (Kripik Pisang Aneka Rasa) dan minuman khas Kedai Feelter (Feel Sekoteng) serta kategori industri makanan dan minuman. Walaupun pada kesempatan KMI Expo XII ini kontingen dari UNSIL belum meraih prestasi terbaiknya tetapi setidaknya kehadiran mahasiswa yang dikirim dalam kontingen tersebut sudah menujukan semangat yang luar biasa dalam mengembangkan minat dan bakat dibidang kewirausahaan sebagai sebuah jalan dalam merintis kesuksesan di masa yang akan datang dan tidak hanya bersandar kepada ijazah formal yang nanti dihasilkan setelah wisuda.

Keikutsertaan UNSIL pada KMI Expo juga menunjukkan sebuah perwujudan dari visi dan misi UNSIL sebagai perguruan tinggi yang fokus terhadap pengembangan mahasiswa dan lulusan dalam bidang wirausaha serta merupakan perwujudan dari program kewirausahaan yang selama ini di kembangkan oleh UPT Kewirausahaan UNSIL. Semoga pada kesempatan KMI Expo selanjutnya, kontingen kewirausahaan dari mahasiswa UNSIL dapat memberikan prestasi yang lebih baik lagi dari yang telah dicapai pada Tahun 2021 ini.  Kegiatan ini juga diharapkan setidaknya dapat menjadi penyemangat bagi mahasiswa UNSIL lainnya yang belum mau membuka potensi dirinya diri di bidang wirausaha agar mau mengembangkan diri  mengingat peluang yang begitu besar baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X