Selamat Datang di Kampus Perjuangan Universitas Siliwangi

Sebagai agenda rutin setiap tahun baru pada kalender akademik, prosesi pelantikan mahasiswa baru merupakan sebuah agenda yang tidak boleh terlewatkan dan menjadi rutinitas yang selalu dilaksanakan. Setelah selama hampir 2 tahun kalender akademik, kegiatan pelantikan mahasiswa baru lebih didominasi dengan pelaksanaan secara daring (online) karena adanya pandemi covid-19 pada tahun kalender akademik 2022/2023 ini pelantikan mahasiswa baru Universitas Siliwangi (UNSIL) dilaksanakan secara full luring (tatap muka). Pada prosesi pelantikan mahasiswa baru tahun ini, akan dilantik sebanyak 4042 calon Mahasiswa Baru dari seluruh Fakultas yang ada di UNSIL. Pelantikan mahasiswa baru ini dilaksanakan pada hari ini Senin, 8 Agustus 2022 bertempat di Gedung Mandala UNSIL. Pelantikan mahasiswa baru ini langsung dilakukan oleh Rektor UNSIL, Dr. Ir. Nundang Busaeri, M.T.


Pelantikan mahasiswa baru kali ini diawali dengan prosesi sidang senat terbuka yang dipimpin oleh Ketua Senat UNSIL Prof. Dr. Deden Mulyana, S.E., M.Si. Kemudian proses pelantikan dilanjutkan dengan Pembacaan Surat Keputusan Rektor UNSIL tentang Penetapan Jumlah Mahasiswa Baru, Program Diploma, Sarjana, dan Magister Tahun Akademik 2022/2023 oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Dedi Kusmayadi, S.E., M.Si., Ak., CA., CPA.
Acara inti pada pelantikan mahasiswa baru ini ditandai dengan pemakaian jas almamater secara simbolis oleh Rektor didampingi oleh Ketua Senat kepada perwakilan mahasiswa yang ditunjuk. Selesai penyematan jas almamater dilanjutkan dengan pembacaan janji mahasiswa oleh perwakilan mahasiswa baru yang ditunjuk dan diikuti oleh seluruh mahasiswa baru UNSIL.

Pada sambutannya, Rektor menyampaikan ucapan Selamat Datang di kampus Perjuangan Universitas Siliwangi kepada Mahasiswa/i baru yang terpilih masuk di kampus tercinta ini. Rektor juga mengucapkan terima kasih atas segala kepercayaan yang diberikan kepada UNSIL dalam mempersiapkan diri mahasiswa baru menjadi sosok warga negara yang memiliki sikap, kompetensi keilmuan, dan keterampilan yang dilandasi oleh spirit nilai-nilai luhur tujuan perjuangan bangsa dan nilai-nilai luhur kaidah fundamental bangsa.


Rektor juga menyampaikan pendaftar/peminat yang ingin melanjutkan kuliah ke UNSIL berkisar 30.000 orang pada 4 jalur seleksi masuk calon mahasiswa baru baik jalur SNMPTN, SBMPTN, SMM PTN-Barat, dan SM UNSIL 2022. Hasilnya, yang dinyatakan diterima dan melakukan registrasi ulang hanya 3.904 orang untuk Program Sarjana dan Diploma, dan 137 orang untuk Program Magister. Sehingga total calon mahasiswa baru UNSIL pada Tahun Akademik 2022/2023 berjumlah 4041 orang.
Terakhir dalam pidatonya Rektor menyampaikan kepada Mahasiswa untuk mengikuti proses pendidikan dan pembelajaran di UNSIL, pergunakanlah waktu dan kesempatan sebaik-baiknya untuk mendalami ilmu pengetahuan dan teknologi.


SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU DI UNIVERSITAS SILIWANGI, SELAMAT DATANG DI KAMPUS PERJUANGAN.

 

Penulis: Humas UNSIL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X