Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah pada Jurnal Internasional Bereputasi Sebagai Strategi Peningkatan Kompetensi Dosen Fakultas Pertanian UNSIL

Pemilihan jurnal dan penulisan artikel ilmiah yang tepat menjadi hal penting bagi dosen dalam upaya menyebarluaskan hasil pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi, terutama hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu, dalam upaya meningkatkan kompetensi dosen dalam penulisan artikel ilmiah, Fakultas Pertanian Universitas Siliwangi menyelenggarakan “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah pada Jurnal Internasional Bereputasi”. Kegiatan ini dikhususkan untuk seluruh dosen di lingkungan Fakultas Pertanian Universitas Siliwangi dan dilaksanakan secara luring selama 2 hari pada Selasa sampai Rabu (13-14 September 2022) bertempat di ruang FP01 gedung Fakultas Pertanian, Kampus II Universitas Siliwangi di Mugarsari Kota Tasikmalaya.

Secara resmi, acara ini dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian, Dr. Hj. Rina Nuryati, Ir., M.P. “Peningkatan kompetensi dosen terkait publikasi yang saat ini tentu saja merupakan tuntutan yang harus kita lakukan selaku dosen di lingkungan perguruan tinggi. Penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh dosen harus memiliki dampak dan manfaat yang bisa sampai kepada masyarakat, tidak hanya di Indonesia tetapi juga cakupan yang lebih luas” ungkap Dr. Hj. Rina Nuryati, Ir., M.P. dalam sambutan pembukanya. Beliau juga menyampaikan bahwa publikasi hasil penelitian dosen dalam bentuk artikel ilmiah pada jurnal internasional merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan IKU 5 yang berkaitan dengan kinerja dosen sehingga dampaknya dapat dirasakan dan diadopsi masyarakat atau juga memperoleh rekognisi internasional.

Pelatihan ini menghadirkan Dr. Miftahul Ilmi, S.Si., M.Si. sebagai narasumber yang merupakan dosen di Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada sekaligus juga Editor in Chief pada Journal of Tropical Biodiversity and Biotechnology. Selama pelatihan berlangsung, peserta sangat antusias dan aktif selama sesi diskusi dengan narasumber terkait pemaparan materi yang disampaikan, dimulai dari Menulis Secara Efektif, Teknik Menulis, Sitasi, Etika Publikasi, dan Strategi Submisi.

Kegiatan hari kedua, peserta pelatihan membawa draft artikel yang kemudian dibahas dan dibedah bersama dengan narasumber. Harapannya, pembimbingan dan pendampingan tidak berhenti sampai acara ini saja tetapi bisa dilanjutkan sampai draft tersebut layak untuk di-submit pada jurnal internasional bereputasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X