Perhelatan Anugerah UPA Perpustakaan UNSIL Award Memperkenalkan Juara Lomba Esai Antar Mahasiswa Tingkat Nasional 2024

Humas UNSIL – Lab Diskatrasia FKIP Universitas Siliwangi menjadi saksi gemerlapnya Perhelatan Anugerah UPA Perpustakaan UNSIL Award Lomba Esai Antar Mahasiswa Tingkat Nasional 2024, yang berlangsung dengan meriah (23/4/2024). Tema yang diangkat pada tahun ini adalah “Perpustakaan dan Pembangunan Mentalitas Manusia”, yang mempertegas pentingnya perpustakaan dalam mengembangkan pemikiran dan nilai-nilai manusia.

Dengan semangat kepenulisan, mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia berbondong-bondong mengikuti kompetisi bergengsi ini. Lomba esai tahunan yang diadakan oleh Universitas Siliwangi ini bertujuan untuk merangsang minat literasi serta menumbuhkan kreativitas dalam menulis di kalangan mahasiswa.

Kepala UPA Perpustakaan, Budi Riswandi, M.Pd., mengungkapkan bahwa kegiatan perlombaan ini masuk pada indikator penilaian akreditasi dan akan terus diadakan setiap tahun. “Program perlombaan ini menjadi salah satu indikator penilaian  akreditasi. Oleh karena itu kami akan menjadikan ini semacam prioritas kerja utama, bahwa setiap tahun akan diadakan lomba esai antarmahasiswa tingkat nasional.” ucap Kepala UPA Perpustakaan.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Asep Suryana Abdurrahmat, S.Pd., M.Kes., menyampaikan rasa bangganya atas kesempatan Universitas Siliwangi sebagai tuan rumah Lomba Esai Nasional pada tahun ini. “Kita bisa membuktikan bahwa UNSIL hari ini bisa menjadi tuan rumah pada lomba tingkat nasional. Kami berharap ini menjadi titik awal bagi UNSIL untuk menjadi tuan rumah pada kegiatan-kegiatan lainnya.” ujar Dr. Asep Suryana.

Setelah melalui proses seleksi yang ketat, terpilihlah sepuluh finalis terbaik yang akan memperebutkan gelar juara. Berbagai esai berkualitas tinggi telah dihasilkan oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Para pemenang lomba esai nasional adalah sebagai berikut:

  1. Qurrota a’yun dari Universitas Muhammadiyah Malang.
  2. Silvia Ripa Nurkaromah dari Universitas Siliwangi.
  3. Aldi Kurniawan dari Universitas Diponegoro.
  4. Muhammad Alifya dari Universitas Siliwangi.
  5. Silfana Wiwit Soliha dari Universitas Islam Negeri Salatiga.
  6. Yudi Indra Satria Nugraha dari Politeknik Enjinering Indorama.
  7. Dimas Saputra dari Universitas Pendidikan Indonesia.
  8. Syafrizal Ananta Adhitya dari Politeknik Siber dan Sandi Negara.
  9. Hany Hendriana dari Universitas Siliwangi.
  10. Jaja Mardiansyah dari STISIP Tasikmalaya.

Puncak acara ditandai dengan pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah bagi para juara. Tak hanya hadiah materi, pengalaman berharga dan pengakuan atas karya tulis mereka menjadi cambuk semangat bagi para peserta untuk terus berkarya dan menginspirasi melalui tulisan-tulisan mereka.

Perhelatan Anugerah UPA Perpustakaan UNSIL Award Lomba Esai Antar Mahasiswa Tingkat Nasional 2024  menegaskan komitmen Universitas Siliwangi dalam mendukung pengembangan literasi dan penulisan di kalangan mahasiswa, serta menjadi momentum penting bagi perkembangan dunia literasi di Indonesia.

Pewarta: Humas UNSIL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *