Edukasi Konservasi Sebagai Langkah Menjadi Agen Konservasi

Desa Sukahurip atau tepatnya dusun palasari merupakan salah satu pemukiman penduduk yang berdekatan dengan kawasan konservasi Suaka Margasatwa Gunung Sawal. Keberadaan pemukiman ini mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap kawasan Suaka Margasatwa Gunung Sawal. Minimnya pengetahuan masyarakat mengenai konservasi hutan menjadi perhatian utama. Pada umumnya masyarakat tidak mengetahui mengenai keberadaan tumbuhan dan satwa liar yang dilindungi sehingga banyak masyarakat sekitar kawasan konservasi khususnya Suaka Margasatwa Gunung Sawal mengeksploitasi sumber daya alam seenaknya. Hal ini juga diiringi dengan belum pahamnya masyarakat tentang aturan konservasi beserta area kawasan konservasi.
Dalam menyikapi kondisi tersebut perlu adanya pemberdayaan masyarakat dan pemberian kepercayaan kepada masyarakat khususnya generasi muda setempat yang bermukim di area eksitu sekitar kawasan konservasi hutan untuk mengusahakan hutan negara sesuai dengan kebutuhan, kemampuan dan pengetahuan sehingga kelestarian sumberdaya hutan dapat dipertahankan. Dari kondisi tersebut kami mencoba melakakukan edukasi kepada masyarakat sekitar Suaka Margasatwa Gunung Sawal melalui “Workshop Pelibatan Masyarakat Dalam Edukasi Konservasi Hutan” yang betujuan untuk meningkatkan wawasan masyarakat dalam melestarikan kekayaan alam yang ada di Suaka Margasatwa Gunung Sawal.
Kegiatan KKN dari Universitas Siliwangi juga menambah perkembangan kegiatan mengenai edukasi konservasi salah satunya dengan mendatangkan narasumber yakni dosen Pendidikan Biologi Universitas Siliwangi (Pak Diki) dan BKSDA (Pak Dede). Kegiatan tersebut sebagai bentuk upaya sosialisasi dan bertukar pikiran mengenai konservasi dari mulai pengetahuan kawasan konservasi hingga kekayaan flora dan fauna yang hidup di kawasan konservasi tersebut. Mayoritas peserta berusia muda yang dikoordinir oleh kelompok karang taruna setempat.
Hasil dari kegiatan tersebut akhirnya meningkatkan rasa kepedulian masyarakat dalam menjaga keletarian Suaka Margasatwa Gunung Sawal. Saat ini masyarakat khususnya pemuda di dusun palasari mulai mengkampanyekan pentingnya menjaga alam dalam bentuk video yang di sebar luaskan melalui akun youtube “Ekpedisi Gunung Sawal” yang dirintis oleh pemuda setempat
yakni Habib dan Indra. Dengan kita menjaga alam sekitar maka akan banyak manfaat yang akan kita dapatkan, Karena setiap yang ada disekitar kita pasti akan mampu untuk mendukung kelangsungan hidup. Manusia tidak hanya sebagai penikmat apa yang telah disediakan alam, tetapi sebagai penjaga. Manusia harus bisa menyejahterakan makhluk hidup lainnya, harus bisa menjaga dan melindungi alam.
Dokumentasi Kegiatan:



 

X