Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Siliwangi

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mencanangkan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dengan melakukan penandatanganan piagam pencanangan pembangunan zona integritas di Gedung Mandala Universitas Siliwangi pada Senin (31/05/2021).

Acara dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi pencanangan dan Pakta Integritas oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Prof. Dr. H. Iis Marwan, SH., M.Pd, didampingi oleh seluruh jajaran dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan FISIP Universitas Siliwangi.
Adapun undangan dan stakeholder yang turut berpartisipasi dalam acara penandatanganan piagam pencanangan pembangunan zona integritas ini adalah dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Jawa Barat, Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Musyawarah pimpinan daerah (Muspida) Kota Tasikmalaya.

Pencanangan Pembangunan Zona Integritas ini berkaitan dengan keikutsertaan FISIP Universitas Siliwangi dalam Reformasi Birokrasi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Meskipun demikian, Dekan FISIP, Prof. Dr. H. Iis Marwan, SH.,M.Pd, menegaskan bahwa pencanangan pembangunan Zona Integritas bukanlah formalitas belaka, melainkan komitmen FISIP Universitas Siliwangi untuk bekerja lebih baik dan semakin baik untuk dapat menjalankan pemerintahan yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang efektif dan efisien serta memberikan pelayanan publik yang berkualitas.
Dalam menjalankan pemerintahan yang bersih dan akuntabel, sejauh ini FISIP Universitas Siliwangi beserta seluruh jajarannya telah meningkatkan peran kepatuhan internal, membuka layanan pengaduan masyarakat atas tindakan korupsi, dan pencanangan pembangunan Zona Integritas ini sendiri.
Dalam birokrasi yang efektif dan efisien, FISIP Universitas Siliwangi beserta seluruh jajarannya, telah menerapkan perbaikan Prosedur Operasional Sistem (POS) layanan unggulan, membangun komunikasi untuk bersinergi dengan stakeholder, dan melakukan monitoring dan evaluasi atas feedback dan masukan dari stakeholder atas kegiatan yang dilakukan. Di samping itu, terkait peran FISIP selaku institusi pendidikan telah melakukan perkuliahan di era normal baru melalui video conference, pemenuhan merdeka belajar bagi mahasiswa, selektif terhadap perjalanan dinas, serta gerakan hemat energi.

Adapun dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas, FISIP beserta seluruh jajarannya, berusaha untuk memberikan pelayanan kepada stakeholder sebaik mungkin dengan menjalankan peraturan agar dapat memberikan percepatan dalam pelayanan. Kami juga membangun inovasi-inovasi untuk dapat memberikan percepatan dalam layanan agar berkualitas. Layanan administrasi berbasis internet terus dikembangkan. Sarana dan prasarana diperbarui agar sesuai dengan kebutuhan, salah satunya adalah pembuatan akses untuk disabilitas di sekitar lingkungan FISIP Universitas Siliwangi.
Penulis: Faisal F. Noorikhsan
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Siliwangi

 

X