Dies Natalis Universitas Siliwangi ke-34

Dies Natalis ke-43 Universitas Siliwangi
Pada hari Kamis/27 Mei 2021 bertempat di Gedung Mandala Kampus Universitas Siliwangi telah dilaksanakan kegiatan Sidang Terbuka Senat Universitas Siliwangi dalam rangka Dies Natalis ke-43 Universitas Siliwangi dan Peringatan ke-7 sebagai Perguruan Tinggi Negeri. Tema yang diangkat pada Dies Natalis tahun ini adalah “SINERGI MENUJU KAMPUS MERDEKA PADA ERA NEW NORMAL”.

Agenda utama kegiatan Dies Natalis kali ini adalah Orasi Ilmiah dari 4 orang Tenaga Pengajar (Dosen) yang telah menyelesaikan studi S-3 dan meraih gelar Doktor, selain itu acara Dies Natalis juga diisi dengan pemberian penghargaan bagi Dosen penerima HAKI, pemberian penghargaan untuk dosen dan tenaga kependidikan dengan masa bakti terlama, Sopir, Tenaga Satpam dan Pramubakti terbaik , mahasiswa berprestasi serta lomba video profil dan ucapan dies natalis dari berbagai elemen baik internal maupun eksternal kampus. Dikarenakan masih dalam suasana pandemi covid 19, maka pada kegiatan Dies Natalis tahun ini membatasi undangan secara langsung (luring) hanya dari kalangan internal kampus, sedangkan untuk tamu undangan dari luas kampus di undang melalui media virtual (daring).

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Siliwangi Prof Dr. H. Rudi Priyadi, MP menyampaikan beberapa capaian misalnya kegiatan pembangunan gedung perkuliahan dan gedung penunjang lainnya baik di Kampus I (Jl. Siliwangi) maupun Kampus II (Mugarsari). Dari sisi capaian akademik, pada tahun ini, ada 5 Doktor baru yang telah menyelesaikan studi S-3, selain itu dari kemahasiswaan, pencapaian yang didapat diantaranya Juara 2 Start-up Mahasiswa oleh Tim Indikos, dan Juara 3 Stand Terbaik oleh Tim Lavoir pada Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia – Ditjen Dikti, Juara 2 Foto Kreatif oleh Muhammad Rifky dari UKM Spot pada Pekan Kesenian Mahasiswa Nasional (Peksiminas) – Ditjen Dikti Tahun 2020.

Pada kesempatan kegiatan Dies Natalis tersebut, Bapak Ferdiansyah, S.E., M.M., selaku Anggota DPR RI Komisi X memberikan sambutan, beliau menganggap tema Dies Natalis kali ini sangatlah tepat sesuai dengan situasi yang ada, yaitu SINERGI MENUJU KAMPUS MERDEKA PADA ERA NEW NORMAL. Namun hal itu harus diimbangi dengan komitmen, konsistensi, komunikasi yang baik, serta peningkatan SDM yang unggul. Selai itu Bapak Ferdiansyah juga mengatakan, “dalam kurun waktu tidak kurang dari 10 tahun kita berjuang bersama untuk menjadikan Universitas Siliwangi menjadi PTN, yang dalam perjalanannya penuh dengan suka dan duka beserta lika-likunya”, Sebagai salah satu pelaku sejarah beliau berharap agar kita tetap menjaga Universitas Siliwangi sebagai PTN yang memiliki integritas yang baik, berbudaya, menjadi jati diri bangsa dan kearifan lokal. Selain itu mari kita jadikan Universitas Siliwangi menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jawa Barat dan masyarakat Priangan Timur.
Penulis: Dedi Hartadi

X