Evaluasi Pencapaian Perjanjian Kinerja Serta Implementasi SAKIP Universitas Siliwangi

Sebagai bagian dari proses implementasi SAKIP , maka pelaksanaan evaluasi atas pencapaian indikator kinerja yang ada di perjanjian kinerja adalah sebuah tahapan yang harus dilakukan untuk mengetahui sampai sejauh mana target-target yang ada dalam indikator kinerja sudah tercapai, mengetahui hambatan atau permasalahan yang dihadapi serta dapat menentukan solusi dari permasalahan yang dihadapi. Evaluasi ini dilakukan dengan melibatkan seluruh unsur pimpinan yang ada di satuan kerja pemerintah dengan harapan dapat dilahirkan kebijakan yang strategis untuk penyelesaian masalah dan peningkatan capaian kinerja.

Hal itu juga lah yang dilakukan oleh pimpinan dilingkungan Universitas Siliwangi menindaklanjuti atas telah berjalannya implementasi dilingkungan Universitas Siliwangi. Bertempat di Hotel Tirta Sanita Kuningan, Jawa Barat, pada tanggal 25 September 2021 dilaksanakan kegiatan evaluasi pencapaian perjanjian kinerja dan evaluasi implementasi SAKIP tahun 2021. Acara ini dihadiri oleh seluruh pimpinan yang ada di Universitas Siliwangi seperti Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Direktur Pascasarjana, Wakil Dekan, Ketua LPPM-PMP, Kepala BUK, Kepala BAKPK, Bagian Perencanaan, serta Admin PDDIKTI.

Pada kegiatan ini, acara dibuka oleh Rektor Universitas Siliwangi, Prof. Dr. H. Rudi Priyadi, Ir., M.S, yang juga menyampaikan hasil dari evaluasi mandiri SAKIP UNSIL Tahun 2021, dimana ada beberapa catatan yang harus diperbaiki seperti kegiatan yang dilakukan selama ini belum mendukung terhadap pencapaian indikator kinerja utama, perjanjian kinerja yang dimanfaatkan untuk pengarahan organisasi, serta pemberian reward dan punishment. Pada kesempatan yang lain, Wakil Rektor I bidang Akademik, Prof. Dr. Deden. Mulyana menyampaikan bahwa dalam rangka mencapai target perjanjian kinerja dan implementasi SAKIP ini ada satu budaya yang harus dikembangkan oleh seluruh dosen dan tenaga kependidikan, yaitu BUDAYA MUTU. Penerapan budaya mutu ini dapat menjadi kunci penting dan dapat meningkatkan keberhasilan pencapaian perjanjian kinerja dan implementasi SAKIP.

Pada kegiatan evaluasi ini juga disampaikan cara perhitungan pencapaian perjanjian kinerja didalam aplikasi PDDIKTI. Perhitungan yang terekam dalam aplikasi PDDIKTI merupakan sebuah proses sinkronisasi dari berbagai aplikasi seperti Tracer Study, SISTER, Laporan kerja sama dan Feeder PDDIKTI. Perlu adanya kemauan dari setiap dosen khususnya untuk melakukan updating terhadap aktivitas yang dilakukan baik pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Diharapkan dengan adanya kegiatan evaluasi ini dapat meningkatkan capaian kinerja Universitas Siliwangi, meningkatkan nilai capaian SAKIP serta mendorong penerapan nilai-nilai mutu yang baik pada setiap kegiatan tridharma perguruan tinggi yang dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X