Launching Aplikasi berbasis Android untuk Program Bersih- bersih Masjid, Program Pengabdian Masyarakat UNSIL

Masjid sebagai sebuah tempat ibadah bagi kaum muslim harus tetap terus terjaga kondisinya dari setiap aspek, baik aspek bangunan maupun aspek kebersihannya. Aspek kebersihan harus terus dijaga agar dapat membuat jamaah yang akan melaksanakan ibadah menjadi lebih khusyu serta membuat setiap jamaah yang akan melaksanakan ibadah merasa lebih nyaman dan bersemangat. Terkadang , ada beberapa masjid yang tidak terawat kondisinya karena tidak memiliki petugas khusus yang bertugas melakukan bersih-bersih di masjid tersebut. Untuk menyikapi hal tersebut, akhir-akhir ini kita temui pada beberapa daerah ada lembaga atau yayasan sosial yang tergerak untuk melaksanakan kegiatan bersih-bersih masjid dengan sifat sukarela sebagai sebuah bentuk pengabdian kepada Allah SWT sang pencipta serta keinginan untuk membantu pengurus masjid dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan dari sebuah masjid.

Salah satu yayasan yang bergerak dalam bidang bersih-bersih masjid di Tasikmalaya adalah Yayasan Tunas Berdaya Masjid (TBM). Lingkup kerja Yayasan TBM adalah di wilayah Priangan Timur. Program bersih-bersih mesjid gratis ini sudah diselenggarakan sejak 07 Desember 2019 hingga saat ini. Pada saat awal berdirinya, Yayasan TBM beranggotakan 5 orang yang terdiri dari 1 orang bagian administrasi keuangan dan 4 orang pelaksana lapangan.

Program bersih-bersih masjid Yayasan TBM ini disambut dengan baik dan antusias oleh masyarakat, hal ini terlihat dari banyaknya permintaan masyarakat untuk membersihkan mesjid yang ada diwilayahnya. Namun sistem pemesanan oleh masyarakat masih dilakukan secara konvensional serta belum adanya jalur informasi secara digital untuk mempromosikan program yang dilaksanakan oleh Yayasan TBM kepada masyarakat. Menyikapi kondisi tersebut maka Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Siliwangi yang diketuai oleh Rohmat Gunawan, ST., MT. dengan anggota Alam Rahmatullah, M.T., Neng Ika Kurniati, M.Cs., Visi Tinta Manik, M.Si., beserta mahasiswa Nandana dan Ficry bekerjasama dengan Yayasan TBM menggagas pembuatan Aplikasi Tim Bebersih Masjid berbasis Android untuk membantu memudahkan Yayasan TBM dalam melaksanakan program bersih-bersih masjid gratis terutama sekali untuk mendukung penerapan protokol kesehatan Covid 19 di masjid. Aplikasi yang dibuat ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan pemesanan secara digital serta memudahkan Tim bersih-bersih masjid Yayasan TBM untuk memonitor pemesanan permintaan bersih-bersih masjid dari masyarakat.

Launching Aplikasi bersih-bersih masjid yang diberi nama “Tim Bebersih Masjid” dilaksanakan pada hari Jumat Tanggal 27 Agustus 2021 bertempat di Mesjid Al-Muhajirin Jl. Saptamarga no. 3 Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. Hadir pada saat launching tersebut Tim PKM UNSIL, Yayasan TBM serta pengurus DKM Al-Muhajirin. Dalam pelaksanaan launcing Aplikasi tersebut dilakukan juga demo aplikasi untuk mengenalkan Aplikasi kepada pihak Yayasan TBM. Selain penyerahan Aplikasi berbasis android, Tim PKM UNSIL juga memberikan bantuan alat-alat kebersihan kepada pihak Yayasan TBM serta alat Access Point kepada DKM Al-Muhajirin. Aplikasi Tim Bebersih Masjid, ini dapat diunduh di Google Play Store atau pada website www.masjidbersih.org.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X