Mahasiswa UNSIL Menembus Babak Final PILMAPRES Tingkat Nasional

Sebuah berita membahagiakan dan membanggakan kembali diperoleh Universitas Siliwangi yaitu dengan berhasilnya salah seorang mahasiswa Universitas Siliwangi masuk ke dalam babak final pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres) tingkat nasional untuk katagori Sarjana. Mahasiswa yang meraih prestasi tersebut adalah Muhamad Ferdy Firmansyah dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Ekonomi Pembangunan. Walaupun baru pada tahapan memasuki babak final, tetapi ini tentu saja akan menjadi catatan sejarah serta membanggakan bagi seluruh civitas akademika Universitas Siliwangi, bahwa ada seorang mahasiswanya yang berhasil menembus persaingan yang sangat ketat dengan begitu banyak peserta dari seluruh Universitas yang ada di Indonesia.

Proses untuk mencapai tahapan mencapai babak final Pilmapres ini dilalui oleh Muhammad Ferdi Firmansyah tentulah dengan tidak mudah. Diawali dengan tahapan seleksi yang sangat ketat di tingkat Fakultas, kemudian bersaing ditingkat Univesitas hingga pada akhirnya memasuki babak persaingan di tingkat nasional. Berbagai usaha dan persiapan dilakukan oleh M. Ferdi Firmansyah untuk dapat terus menembus tahapan yang lebih tinggi untuk pada akhirnya nanti dapat mengharumkan nama Universitas Siliwangi di tingkat nasional.

Kegiatan pemilihan mahasiswa berprestasi ini sendiri merupakan sebuah kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Pusat Riset Nasional Kemendikbudristek dengan tujuan menghasilkan talenta mahasiswa terbaik putra putri Indonesia baik secara akademik dan non akademik

Peserta dari pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat nasional ini merupakan hasil dari seleksi dari mulai seleksi administrasi atau seleksi tahap I secara keseluruhan dengan total mahasiswa lolos seleksi tahap I sejumlah 90 mahasiswa tingkat sarjana dan 60 mahasiswa pada tingkat diploma. Tahapan selanjutnya yaitu penilaian Capaian Unggulan dan Gagasan Kreatif yang dilaksanakan pada setiap LLDIKTI khususnya LLDIKTI IV dengan mahasiswa yang lolos dari Capaian Unggulan dan Gagasan Kreatif sebanyak 15 mahasiswa . Pada tahapan LLDIKTI IV tersebut Muhamad Ferdy Firmansyah mendapat peringkat 1 (pertama) sehingga berhak melaju untuk tingkat nasional.

Universitas Siliwangi sendiri selalu mempersiapkan mahasiswa yang akan diikutsertakan dalam kegiatan Pilmapres tahun 2021 dengan melakukan tahapan seleksi yang dilaksanakan sejak 22 Maret sampai dengan 1 April 2021 yang melibatkan tim juri yang meliputi bidang kemahasiswaan, Bahasa inggris dan bidang karya tulis ilmiah terdiri dari 3 dosen penguji bidang Bahasa inggris , 4 dosen penguji bidang kemahasiswaan dan 3 dosen penguji bidang karya tulis ilmiah. Proses seleksi dilaksanakan secara terbuka dan transparan untuk menciptakan keterbukaan bagi setiap peserta.

Apa yang dicapai dan dilakukan oleh Muhamad Ferdi Firmansyah ini harus menjadi contoh bagi mahasiswa yang lain di UNSIL bahwa tetap terbuka peluang untuk bersaing di tingkat nasional bagi siapa pun yang mau dan tentunya harus mempersiapkan diri dengan baik. Pada akhirnya kita semua berharap, agar Muhamad Ferdy Firmansyah dapat mencapai prestasi yang membanggakan di babak final nanti yang pada nantinya akan memberikan kebanggaan secara pribadi, untuk keluarga dan pada tentunya akan sangat berdampak pada  meningkatnya nilai kinerja Universitas Siliwangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X