Penyusunan Kegiatan Dan Anggaran RKAKl Tahun Anggaran 2022

Begitu pentingnya sebuah perencanaan yang baik sampai seorang Benjamin Franklin mengatakan if you fail to plan, you plan to fail” atau kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia jika Anda gagal merencanakan sama saja dengan Anda merencanakan kegagalan. Hal ini menunjukkan begitu urgensinya sebuah tahapan perencanaan dalam mendukung ketercapaian tujuan organisasi menjadikan bahwa tahapan pada proses perencanaan harus memerlukan sebuah perhatian khusus dalam menyusunnya serta benar-benar dipersiapkan data-data yang diperlukan untuk menyusun sebuah perencanaan.

Di dalam implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), aspek atau komponen perencanaan menjadi sebuah bagian penting dari 5 komponen yang lainnya. Secara persentase besaran penilaian keberhasilan implementasi SAKIP, komponen perencanaan memiliki nilai persentase yang paling besar yaitu sebesar 30% dibandingkan dengan proporsi persentase komponen SAKIP lainnya. Ini menunjukkan bahwa sebuah organisasi yang baik dan ingin bergerak maju tidak boleh mengabaikan proses perencanaan. Sering kali kita mendengar orang berpendapat apalah pentingnya perencanaan, yang terpenting adalah pelaksanaan. Itu adalah sebuah pendapat yang keliru, karena pelaksanaan yang baik akan sangat tergantung pada sebuah perencanaan yang baik pula, bagaimana seseorang akan mengerti arah dia melangkah dalam hidupnya kalau dia sendiri tidak pernah membuat rencana kemana hidupnya akan diarahkan.

Universitas Siliwangi sebagai sebuah perguruan tinggi negeri yang memiliki cita-cita luhur dan tinggi untuk menjadi perguruan tinggi yang maju telah bersiap se awal mungkin dalam rangka menyongsong tahun anggaran 2022 serta mencapai target-target kinerja yang ditetapkan dalam Indikator Kinerja Utama sebuah perguruan tinggi negeri. Berawal dari proses penyusunan perencanaan kegiatan dan anggaran yang dilaksanakan di Hotel Harmoni, Tasikmalaya pada tanggal 8-9 September 2021 yang dihadiri oleh seluruh wakil dekan 1 dan 2 dari seluruh fakultas, wakil direktur 1 dan 2 dari pascasarjana, sekretaris LPPM, Tim SPI, Tim BMN, pengelola SIPAUS dari seluruh unit, serta tim dari bagian perencanaan. Tema yang diusung dalam kegiatan penyusunan kegiatan dan anggaran RKAKL Tahun Anggaran 2022 adalah “ Perencanaan yang tertib wujud implementasi SAKIP yang baik”. Yang menjadi agenda utama dari kegiatan ini adalah dilaksanakannya reviu dan asesmen oleh Tim dari Satuan Pengawas Internal (SPI) UNSIL serta Tim dari BMN UNSIL.

Tahapan selanjutnya dari kegiatan penyusunan kegiatan dan Anggaran RKAKL Tahun Anggaran 2022 adalah finalisasi draf RKAKL yang telah disusun. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 17-19 September 2021 bertempat di Hotel Santika, Garut. Peserta dari kegiatan ini adalah seluruh pimpinan dilingkungan UNSIL seperti Rektor, Wakil Rektor, Ketua Senat, Kepala BAKPK dan Kepala BUK, Seluruh Dekan Fakultas, Direktur Pascasarjana, Wakil Dekan I dan II seluruh fakultas, Wakil Direktur I dan II Pascasarjana, Ketua LPPM-PMP, Ketua SPI, seluruh kepala UPT serta tim dari bagian perencanaan. Tujuan dilaksanakan kegiatan finalisasi ini adalah agar seluruh unsur pimpinan UNSIL mengetahui struktur anggaran UNSIL pada Tahun 2022, menyepakati target-target kegiatan yang ingin dicapai untuk menopang pencapaian IKU UNSIL serta menyatakan komitmennya dalam pelaksanaan anggaran di tahun 2022.

Kegiatan proses penyusunan perencanaan seperti ini merupakan sebuah model yang coba dikembangkan oleh UNSIL untuk mengungkit. pencapaian kinerja serta mendorong semua pihak berpartisipasi aktif dalam melahirkan sebuah proses penyusunan kegiatan yang terbuka, serta sesuai prinsip-prinsip perencanaan yang baik Dengan telah tersusunya draf RKAKL Tahun anggaran 2022 maka tahapan selanjutnya adalah bagaimana seluruh pegawai UNSIL bersiap menyongsong tahun anggaran 2022 dengan penuh optimisme, spirit yang tinggi serta keihklasan dalam menjalankan apa yang menjadi tugas dan tanggungjawabnya, bahu membahu mendukung cita-cita besar UNSIL untuk dapat bersaing dengan perguruan tinggi lainnya serta melahirkan lulusan-lulusan yang berkualitas dan berdaya saing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
X
X
X
X
X