UNSIL Mengirimkan Kontingen Wirausaha Mahasiswa dalam Acara Ekspo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) ke 12 Tahun 2021 di Universitas Brawijaya

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi terus berupaya mengembangkan dan memperbanyak jumlah mahasiswa berwirausaha. Program Kewirausahaan Kampus Merdeka (PKMI) 2021. PKMI terdiri atas Workshop Kewirausahaan, Kegiatan Bisnis Manajemen Mahasiswa Indonesia (KBMI), Akselerasi StartUp Mahasiswa Indonesia (ASMI), dan Pendamping Wirausaha Mahasiswa Indonesia (PWMI) kemudian dilanjutkan Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) sebagai puncak pelaksanaan kewirausahaan mahasiswa Indonesia.

KMI Expo XII 2021 merupakan kegiatan yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun oleh Dit. Belmawa, Ditjen Diktiristek dengan menggandeng perguruan tinggi sebagai pelaksana. Kegiatan ini mendukung kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diharapkan dapat mendorong mahasiswa untuk menjadi lulusan yang berkarakter, inovatif, dan kompetitif di kancah nasional dan global. Penyelenggaraan KMI Expo XII 2021 ini menunjuk Universitas Brawijaya sebagai pelaksana kegiatan atau tuan rumah.

Dalam pelaksanaannya KMI Expo XII 2021 akan melaksanakan agenda utama yaitu:

  1. KMI Award
  2. Pameran dan Bazaar Produk
  3. StartUp Summit dan
  4. PWMI Award

Selain itu ada kegiatan Pendukung kegiatan terdiri dari:

  1. International Student Entrepreneurship
  2. Kompetisi Café Mahasiswa Indonesia
  3. Kompetisi Booth Sponsorship
  4. Kompetisi TikTok Kewirausahaan Mahasiswa
  5. Sarasehan Forkomawa
  6. Sarasehan Forum Pendamping Mahasiswa Indonesia (PWMI)
  7. Sarasehan Indonesian Student Entrepreneurship Network dan
  8. Sarasehan Forum Pengelola Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia

KMI Expo XII Tahun 2021 akan selenggarakan pada tanggal 17 s/d 19 November 2021 di Universitas Brawijaya sebagai tuan rumah. Kegiatannya dilaksanakan secara daring dan luring di karnakan masih dalam masa pandemi covid-19. Universitas Siliwangi mengirimkan kontingen 4 makasiswa dan 1 dosen pendamping dari perwakilan 2 kelompok usaha mahasiswa (Rainbaw Chips dan Kedai Feelter) yang akan mengikuti KMI Expo XII secara langsung (luring).

Sedangkan untuk pameran yang diselnggarakan secara online Universitas Siliwangi mengikut sertakan 2 kelompok usaha mahasiswa (araloos.id dan PMS Drink) yang akan memamerkan poduk kreatifnya di Ruang Rapat 1 Gedung Rektorat Lantai 2.

Semoga dalam ajang KMI Expo XII 2021, kewirausaha muda dapat berjejaring untuk meningkatkan kemampuan dan memanfaatkan potensi dari kearifan lokal daerah masing-masing untuk meraih peluang global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
X
X
X
X
X