Workshop Pelatihan Dasar Komputer bagi Pegawai di Lingkungan Universitas Siliwangi

Dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) dituntut memiliki kualifikasi, kompetensi dan kinerja tinggi agar dapat melaksanakan tugas pemerintahan dan pelayanan kepada publik secara baik dan optimal. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, terdapat tiga jenis kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap PNS yaitu kompetensi manajerial, kompetensi sosial kultural dan kompetensi teknis.

Untuk mencapai salah satu tujuan tersebut, maka Universitas Siliwangi menyelenggarakan Pelatihan Teknis Workshop Pelatihan Dasar Komputer bagi para tenaga kependidikan. Pelatihan ini diikuti oleh 46 orang tenaga kependidikan yang dibagi menjadi 2 (dua) kelas. Pelatihan berlangsung selama 2 (dua) hari dari tanggal 17 sampai tanggal 18 Maret 2022, di laboratorium A dan B Fakultas Teknik Universitas Siliwangi. Adapun pemateri Kegiatan Workshop Pelatihan  Dasar Komputer yaitu Iwan Setiawan, S.Kom. dan Pebi Pebriadi, S.Kom., M.M., M.T.

Workshop Pelatihan  Dasar Komputer dalam hal ini Microsoft Word dan Excel, bertujuan mengenalkan kepada para tendik pelaksana mengenai pentingnya penguasaan Teknologi Informasi dan komputer, khususnya aplikasi perkantoran yang biasa digunakan dalam pekerjaan. Dalam hal ini diajarkan menggunakan Aplikasi komputer manajemen folder dan file, serta Aplikasi Microsoft Word dan Microsoft Excel, sehingga dapat membantu serta mempermudah pekerjaan sehari-hari. Bapak Nana Sujana selaku Kepala Biro Umum dan Keuangan dalam sambutannya mengatakan bahwa, “Setiap pegawai harus memiliki semangat untuk belajar, melalui kegiatan Workshop Pelatihan Dasar Komputer ini setiap peserta memiliki kesempatan untuk meningkatkan kompetensi dalam mengoperasikan komputer terutama Microsoft Word dan Excel Dasar. Sehingga dapat diaplikasikan dalam pekerjaan sehari-hari.”

Pada akhir acara, panitia penyelenggara menyiapkan Door Prize bagi peserta yang berprestasi selama mengikuti kegiatan tersebut sebagai bentuk penghargaan pada peserta. Door Prize diserahkan oleh Bapak Nana Sujana (kepala Biro Umum dan Keuangan) selaku  penanggung jawab kegiatan. Adapun pemenang door prize dari masing-masing kelas adalah Ajang Haeruman (Kelas A) dan Yedi Kusmayadi (Kelas B).

Penulis: Rais Iis Sohidah

Leave a Reply

Your email address will not be published.

X