Ground Breaking dan Sosialisasi Pembangunan Gedung Kuliah dan Laboratorium Terpadu Kampus Mugarsari, Universitas Siliwangi

Seperti kita ketahui bersama bahwa Universitas Siliwangi pada Tahun Anggaran 2022 ini mendapatkan alokasi anggaran dari Kemendikbudristek untuk pembangunan Gedung Kuliah dan Laboratorium Terpadu Kampus Mugarsari. Sumber anggaran kegiatan ini adalah dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Proses mendapatkan alokasi anggaran SBSN ini tidaklah mudah karena melalui proses yang panjang karena hampir semua perguruan tinggi dilingkungan Kemendikbudristek menginginkan mendapatkan alokasi anggaran ini ditengah keterbatasan alokasi anggaran dari masing -masing perguruan tinggi negeri.

Proses pelaksanaan kegiatan SBSN di lingkungan Universitas Siliwangi ini, diawali dengan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa yang berlangsung dari awal tahun anggaran 2022 dan berakhir pada pertengahan Maret 2022 yang ditandai dengan penandatanganan kontrak antara Pejabat Pembuat Komitmen Kegiatan SBSN UNSIL dengan 7 kontraktor pelaksana dan 1 konsultan pengawas yang dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2022.

Untuk mempercepat proses pembangunan agar dapat dipastikan semua gedung terbangun pada Tahun 2022 ini, PPK Bersama dengan tim pengelola SBSN UNSIL melaksanakan kegiatan ground breaking dan sosialisasi pembangunan Gedung kuliah dan laboratorium terpadu setelah sebelumnya diawali dengan pertemuan Pre Construction Meeting (PCM) yang dilaksanakan pada tanggal 22 Maret 2022 di Rusunawa UNSIL Kampus Mugarsari. Kegiatan ground breaking itu sendiri dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2022 di Kampus Mugarsari yang dihadiri oleh seluruh pimpinan Universitas Siliwangi mulai dari Rektor, Wakil Rektor, Ketua Senat, Seluruh Dekan dan Direktur Pascasarjana, Ketua SPI, Camat Tamansari, Perwakilan dari Polsek Tamansari, Perwakilan dari Koramil Cibeureum, Perwakilan dari Kelurahan Mugarsari dan Kelurahan Sumelap, Ketua MUI Tamansari, Ketua DMI Tamansari, Lembaga Masyarakat setempat, Perwakilan RW sekitar lokasi dan seluruh kontraktor yang akan melaksanakan pekerjaan pembangunan tersebut. Kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai sarana untuk mensosialisasikan kepada masyarakat dan tokoh masyarakat serta unsur pemerintah setempat sekitar lokasi proyek sehingga akan secara bersama-sama mendukung kegiatan pembangunan ini.

Acara ground breaking diawali dengan sambutan dari PPK kegiatan SBSN yang sekaligus melaporkan secara singkat kegiatan SBSN ini, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Rektor Universitas Siliwangi yang juga sekaligus meresmikan secara simbolis pembangunan Gedung kuliah dan laboratorium terpadu Universitas Siliwangi kampus Mugarsari dengan melakukan peletakan batu pertama pada proyek kegiatan SBSN tersebut. Peletakan batu pertama ini juga kemudian dilakukan oleh Ketua Senat UNSIL, Kepala BUK, Dekan Fakultas Teknik, Camat Tamansari dan beberapa unsur pimpinan lainnya.

Kegiatan ini menjadi bukti bahwa UNSIL sangat serius dalam melaksanakan amanat yang telah diberikan oleh Kemendikbudristek dan berkomitmen kuat untuk menyelesaikan kegiatan SBSN ini dengan baik tepat pada waktunya, sesuai kaidah aturan yang berlaku serta memberikan manfaat yang besar dalam melahirkan penerus-penerus bangsa yang berkualitas. Insyaa Alloh Tahun 2023, kegiatan SBSN ini akan kembali berlanjut sebagai bagian dari penyempurnaan sarana dari bangunan yang telah terbangun pada Tahun 2022 ini, sehingga pada pertengahan tahun atau akhir Tahun 2023, gedung perkuliahan dan laboratorium terpadu ini sudah dapat dipergunakan secara maksimal dalam proses kegiatan pembelajaran bagi mahasiswa Universitas Siliwangi.

Penulis: Teguh Priatno

Leave a Reply

Your email address will not be published.

X