Pelaksanaan Festival Literasi Bank Indonesia Tahun 2022

Pelaksanaan Festival Literasi Bank Indonesia tahun 2022 ini dilaksanakan secara hybrid di Kampus Universitas Siliwangi dan Zoom Meeting pada Rabu, 8 Juni 2022 . Acara kali ini dihadiri oleh unsur pimpinan UNSIL diantaranya Rektor, Plt. Warek I, Warek III dan Kepala Biro Umum dan Keuangan. Sedangkan unsur yang hadir dari Bank Indonesia sendiri adalah Bapak Darjana yang merupakan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya. Dari unsur mahasiswa, hadir secara luring kurang lebih 67 orang mahasiswa. Selain dihadiri peserta secara luring, hadir juga secara daring pimpinan unit baik dari fakultas/Lembaga/pascasarjana dan juga 157 orang mahasiswa.

Tema yang diusung pada kegiatan kali ini adalah “Literasi Keuangan pada masyarakat di Indonesia khususnya pada era digitalisasi sekarang”. Sebagai pembicara pada kegiatan Festival Literasi Bank Indonesia pada tahun 2022 adalah pakar-pakar yang berkaitan dengan edukasi inklusi keuangan dan era ekonomi digital diantaranya Bapak Harry Kurniawan yang menyampaikan materi Ekonomi Keuangan Inklusif, Yuda Rizkianto Agoes dengan materi Ekonomi Digital dan Pasar Keuangan yang menghadirkan salah satu startup Tanamduiit.id.

Dalam  sambutannya, Rektor Universitas Siliwangi menyampaikan bahwa saat ini umumnya masyarakat Indonesia belum memahami secara optimal karakteristik berbagai produk dan layanan jasa keuangan yang ditawarkan oleh lembaga jasa keuangan formal, untuk itu literasi keuangan menjadi penting dalam rangka pemberdayaan masyarakat, kesejahteraan individu, perlindungan konsumen dan peningkatan inklusi keuangan.

Acara festival literasi Bank Indonesia ini diakhiri dengan kegiatan Quiz yang diantaranya menyelenggarakan Quiz Kahoot dan Survei yang melengkapi dari rangkaian kegiatan Bank Indonesia ini.

Penulis: Bidang Kemahasiswaan BAKPK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X