PPID Universitas Siliwangi Gelar Sosialisasi

Dalam upaya meningkatkan Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi dan keterbukaan informasi publik, penyamaan persepsi mengenai keterbukaan informasi publik dan penguatan tata kelola informasi dilingkungan UNSIL, Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PID) mengadakan Sosialisasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang dilaksanakan pada Hari Kami, Tanggal 9 Juni 2022 bertempat di Gedung Rektorat Universitas Siliwangi, Kota Tasikmalaya. Kegiatan sosialisasi kali ini menghadirkan narasumber dari 2 instansi, yaitu dari Komisi Informasi Pusat (KIP) dan dari Kemendikbudristek.
Hadir Nara sumber dari KIP yaitu Bapak Syawaludin, M.H. selaku Komisioner Komisi Informasi Pusat (KIP) Republik Indonesia, dan dari Kemendikbudristek hadir Bapak Yayat Hendayana selaku Koordinator Substansi Umum, Humas, dan Kerja Sama Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbudristek.

Kegiatan Sosialisasi PPID kali ini dihadiri oleh unsur Pimpinan Universitas Siliwangi, Pimpinan Fakultas dan Para Kepala Unit kerja lainya di lingkungan Universitas Siliwangi dan dibuka secara resmi oleh Bapak Dr. Ir. Nundang Busaeri, M.T. selaku Rektor Universitas Siliwangi. Dalam sambutannya Rektor mengatakan, kebebasan informasi merupakan hak asasi yang fundamental. Pengalaman selama ini menunjukkan bahwa informasi lembaga pemerintah dan non pemerintah dianggap sulit dijangkau masyarakat. Padahal Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik memberi jaminan kepada masyarakat untuk mengakses informasi dari badan publik.

Universitas Siliwangi, melalui Tim PPID yang melibatkan perwakilan seluruh unit kerja, selalu berkomitmen menjalankan keterbukaan informasi, senantiasa menjalankan keterbukaan informasi baik dalam kegiatan akademik ataupun non-akademik di lingkungan kampus. Selain itu, UNSIL juga aktif mengikuti monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik setiap tahun, yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP).

Semoga melalui kegiatan sosialisasi ini, dapat terwujud persepsi yang sama mengenai pemahaman akan tata kelola informasi dan dokumentasi yang sebagaimana mestinya, dan seluruh sivitas akademika UNSIL dapat bersama-sama melaksanakan amanat undang-undang keterbukaan informasi, sehingga dapat menjadikan UNSIL sebagai kampus yang mampu melayani masyarakat dengan maksimal, dalam hal informasi publik.

Acara Sosialisasi ditutup dengan penyerahan cendera mata oleh PPID Pelaksana UNSIL kepada nara sumber, dilanjutkan foto bersama antara para pengelola informasi dan dokumentasi Universitas Siliwangi dengan nara sumber.

Penulis: Dedi Hartadi/Imas Masdiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X