4018 Mahasiswa Baru UNSIL mengikuti Kuliah Perdana “Merdeka Belajar – Kampus Merdeka”

Sebanyak 4018 Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022/2023 mengikuti Kuliah Perdana secara luring pada hari Senin, 15 Agustus 2022 khusus untuk program Diploma, Sarjana bertempat di Gedung Mandala, sedangkan untuk program Pascasarjana dilaksanakan secara Daring, di tempat masing-masing.

Selain dihadiri oleh mahasiswa baru, acara Kuliah perdana ini dihadiri juga oleh Pimpinan Universitas Siliwangi diantaranya Ka. Biro, Para Dekan, Ka. UPT, Ketua LPPM-MP dan Dosen pembimbing dilingkungan UNSIL.

Acara Kuliah Perdana ini dibuka langsung oleh Rektor UNSIL Bp. Dr. Nundang Busaeri, Ir., M.T. Dalam sambutannya Rektor UNSIL mengatakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka sejak tahun 2020 sampai hari ini merupakan buah dari kolaborasi seluruh pihak dalam mendorong kemajuan Pendidikan Indonesia. Ciptakan iklim belajar yang kondusif, aman dari segala bentuk kekerasan serta memerdekakan mahasiswa dalam mengembangkan potensinya, terdapat 8 bentuk implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dapat diterapkan yaitu Pertukaran belajar, melakukan magang, asistensi atau mengajar pada satuan tertentu, melakukan riset, proyek kemanusiaan, studi atau proyek independen dan membangun desa atau KKN tematik.

Di akhir sambutannya Rektor berpesan kepada mahasiswa baru selama mengikuti proses pendidikan dan pembelajaran di UNSIL untuk mempergunakan waktu dan kesempatan dengan sebaik-baiknya untuk belajar dan mendalami ilmu pengetahuan dan teknologi.  Kembangkan karakter melalui interaksi dengan para dosen, staf administrasi, sesama mahasiswa, dan para alumni, sesuai Visi Misi UNSIL menjadikan Kampus UNSIL menjadi Kampus Bahagia.

Pemateri pada Kuliah Perdana ini mengusung Tema Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan menghadirkan 2 orang narasumber, Narasumber dari Eksternal UNSIL yaitu Prof. Dr. H. Didi Sukyadi, M.A yang merupakan Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Pemateri dari Internal UNSIL yaitu Prof. Deden Mulyana, S.E., M.Si., yang merupakan Ketua Senat Universitas Siliwangi.

Acara Kuliah Perdana ini diakhiri dengan Tanya jawab dari mahasiswa kepada Pemateri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X