FIK UNSIL Gelar Workshop Etik Penelitian Kesehatan

FIK Unsil – <align=”justify”>Komite Etik Penelitian Kesehatan  (KEPK) merupakan institusi yang bertugas melaksanakan pengkajian dan penilaian etik terhadap penelitian bidang kedokteran dan Kesehatan, terutama penelitian dengan subjek manusia. Hasil pengkajian tersebut akan menjadi dasar bagi komite etik dalam memberikan penilaian persetujuan untuk pelaksanaan penelitian. Saat ini Universitas Siliwangi belum memiliki Komite Etik Penelitian sehingga dosen peneliti dan mahasiswa Unsil harus mengurus EC (ethical clearance) penelitian di Komite Etik Institusi lain. Ethical Clearance (EC) merupakan pernyataan persetujuan pada suatu penelitian yang bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada subjek penelitian baik hewan coba dan terlebih lagi pada subjek manusia. Keberadaan EC juga dapat memberikan perlindungan kepada peneliti serta mempermudah dalam penerbitan jurnal nasional dan internasional. Sekaitan dengan itu Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Siliwangi pada hari Senin s.d. Selasa, 24 s.d.25 Oktober mengadakan Workshop Etik Penelitian Kesehatan bertempat di Hotel Grand Metro Tasikmalaya.

FIK unsil
test

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Dian Saraswati, S.Pd, M.Kes membuka secara resmi acara Workshop, dalam sambutannya beliau mengatakan dengan diadakannya kegiatan workshop ini  diharapkan dosen ataupun mahasiswa memahami pentingnya Ethical Clearance (EC) untuk meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi di bidang kesehatan, mampu memahami prosedur pengurusan EC untuk penelitian bidang Kesehatan, mampu memahami tata cara review protokol penelitian dalam pengurusan EC serta mendapatkan gambaran Langkah-langkah pembentukan komite etik bidang Kesehatan, pungkasnya.

FIK unsil

Pelaksanaan kegiatan workshop ini secara Hybrid, Adapun peserta yang mengikuti acara ini terdiri dari Dosen peneliti dan mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Siliwangi.

FIK unsil

FIK unsil

Narasumber yang diundang dalam acara ini adalah Wakil Ketua KEPPKN Drs Ondri Dwi Sampurna, M.Si (apt), Anggota KEPPKN Dr.dr. Harimat Hendarwan, M.Kes, Sekretaris KEPK Univ BTH Anindita Tri Kusuma Pratita, ST, M.Si dan KEP UPN Veteran Jakarta, Drh Mamak Zudi, M.Sc.

FIK unsil

Acara workshop ini diakhiri dengan pemberian cendera mata kepada Narasumber dan foto bersama.

Selamat untuk Fakultas Ilmu Kesehatan, tersosialisasikan pentingnya Ethical Clearance pada seluruh civitas akademika FIK Universitas Siliwangi menjadi langkah awal terbentuknya Komite Etik di Universitas Siliwangi.

 

Penulis : Humas UNSIL

Editor :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X